S͒E͒L͒A͒M͒A͒T͒ B͒E͒R͒K͒U͒N͒J͒U͒N͒G͒ ϐנєиαя ϐℓοg нοмє: Wisata religius menapak sejarah pangeran hasanuddin banten

Halaman

Kamis, 29 Agustus 2019

Wisata religius menapak sejarah pangeran hasanuddin banten

Gadget jenar

Bidar alam

. wisata religius menapak sejarah pangeran hasanuddin banten

Photo menara masjid agung sultan hasanudin banten
Menara masjid sultan hasanudin banten
( panembahan hasanuddin )
Maulana hasanudin di kenal dengan nama pangeran hasanudin adalah anak dari keraton cirebon yaitu syekh syarif hidayatullah dan masyarakat nusantara secara umum mengenal dengan sebutan nama (sunan gunung jati) sebelumnya adalah seorang panglima dari kerajaan demak hingga menjadi Panembahan jati untuk melawan menjajah di sepanjang tanah jawa sampai bagian barat ke batavia hingga hingga jayakarta dan menjadi jakarta saat ini.
Keraton dan benteng pertahanan di cirebon sebagai bukti simbol perjuangan sunan gunung jati melawan penjajah bangsa.
Tidak hanya sampai di situ saja,anaknya Maulana hasanudin meneruskan hingga Hdrujung barat jawa yaitu wilayah wahanten girang dan sekarang di kenal dengan sebutan banten lama berada di kelurahan banten - kecamatan kasemen - kabupaten serang.
Pangeran Maulana hasanudin juga membangun keraton surosowan (nama prabu surosowan adalah nama ayah dari nyi kawunganten istri sunan gunung jati) sebagai bukti tanda kebesaran keraton banten pada tahun 1522-1526 M. Serta alun-alun kota dan masjid agung yang di kenal dengan masjid agung pangeran hasanudin.
gambar
Dalam cerita rakyat banten surosowan sebelumnya adalah kerajaan wahanten girang (suku banten) dan masih wilayah kekuasaan keturunan prabu jaya dewata (prabu silih wangi) dan yang menjadi raja dimasa itu adalah prabu surosowan hingga setelah wafat diteruskan oleh anaknya bernama arya surajaya, orang banten lebih mengenal dengan sebutan prabu pucuk umun atau bernama prabu surawisesa,dan diantara yang lain keturunan prabu silih wangi yaitu pangeran walangsungsang atau prabu cakrabuana menjadi penguasa di cirebon,sedangkan pangeran rara santang menikah dengan bangsawan arab dan mempunyai anak bernama syarif hidayatullah (sunan gunung jati).
Cirebon adalah awal sunan gunung jati menata kadipaten hingga ke banten.
Setelah di taklukan oleh islam berpusat dari kerajaan demak yaitu sultan trenggono,wahanten girang dirubah oleh sunan gunung jati dan anaknya yang berpusat di cirebon serta menyerahkan anaknya malauna hasanudin menjadi adipati di keraton surosowan(kelak menjadi raja pertama banten),sekaligus juga sebagai benteng pertahanan kerajaan bagian ujung barat jawa dari kerajaan demak.
Surosowan pada awalnya adalah gedong kedaton pakuwon megah kadipaten dan di bawah naungan kerajaan demak serta maluna hasanuddin menjadi bupati wilayah banten atas bawahan keraton cirebon sebagai banteng bagian barat demak di tanah jawa.
Namun setelah ayahnya sunan gunung jati wafat malulana hasanuddin terlepas dari kekuasaan cirebon dan terjadi setelah sultan trenggono gugur dalam perang menaklukan pasuruan,perebutan kekuasaan antar keturunan terjadi di keraton demak,tidak terkecuali dengan  pangeran hasanuddin juga memisahkan diri serta mengklaim / memproklamirkan menjadi kerajaan banten pertama bergelar Panembahan surosowan hingga sampai menjadi sebutan negri surosowan.
Bangunan benteng surosowan yang berbahan baku dari batu karang itu masih nampak berdiri kokoh di atas luas tanah  kurang lebih 3 hektar dengan tinggi mencapai 2 meter dan di tingkatkan kekokohanya oleh orang belanda beragama islam yaitu hendrick lucazs cardeel dan kemudian menjadi pangeran wiraguna.
Banten pernah menjadi kerajaan pesat perdagangan hingga sampai ke eropa serta menjadi tempat pusat perniagaan internasional.

Bacaan lain :

.Cara embed post facebook ke website/Blog.
.Mendaftarkan web/blog ke yandex webmaster tool
.Menapak sejarah kesultanan cirebon di pegunungan jati
.mengenal dan menggunakan bing webmaster tool untuk blog
.perbedaan fitri dan fitrah di hari raya islam
.cara setting logo nama web/blog posisi ditengah header


gambar
Keraton Sorosawan ini mempunyai pengairan yang sangat bagus serta struktur aliran air secara alami yang menjadi alat kecanggihan teknologi pada masa itu,sisa rancangan masih sangat terlihat jelas pada area semua jalur saringan di seluruh kawasan keraton hingga masuk ke kolam pemandian puteri raja bernama balai kambang rara denok,serta pula ada pancuran bernama pancuran mas.
Menurut cerita rakyat banten,semua pengairan yang di saring untuk keraton berpusat daripada danau buatan,yaitu sekarang dikenal dengan nama tasik kardi.
Bukan hanya pada keraton saja yang bersumber dari tasik kardi,aliran pengairan persawahan juga bersumber dari tasik kardi untuk kemakmuran serta kesejahteraan rakyat kerajaan banten.
gambar
Keraton ini pernah runtuh di akibatkan oleh perang saudara dimasa roda pemerintahan sultan ageng tirtayasa (ke-6) setelah menggantikan ayahnya sultan ma'ali (ke-5) tahun 1640-1650 M cucu abdul mufakhir mahmud abdul qodir sultan (ke-4) tahun 1605-1640 M  dan sultan haji (ke-7) sebagai anak sendiri untuk berebut kekuasaan karena agresi belanda.
Company belanda berhasil membujuk sultan haji dan meruntuhkan sistem pemerintahan keraton surosohan pada tahun 1808 M,karena sultan banten menolak perintah dari deandeles untuk di pindahkan ibukotanya ke anyer.
Kesultanan banten resmi dihapus belanda pada tahun 1813 M.
gambar

gambar

gambar
Kerajaan banten hanya meninggalkan sisa bekas keraton yang berdiri kokoh benteng setinggi 2 meter serta sisa bangunan dasar di dalam surosohan sebagai saksi bisu masa kejayaaan kerajaan banten.

(Kedaton kaibon)
gambar
Kaibon atau berasal dari kata keibuan adalah Keraton yang dibangun bagi ibu sultan syafiudin ( ke-21) bernama ratu aisyah.
Kaibon terlihat sedikit berbeda dari segi arsitektur dan layaknya rumah biasa untuk tempat tinggal sang ratu.
Namun terlihat bentuk bangunan mempunyai ciri khas keislaman dengan adanya sebuah masjid besar dan kokoh di area bagian depan keraton Kaibon.
Keraton ibu ini menurut cerita rakyat,pada masa dahulu banyak kanal kanal yang mengelilingi sebagai jalur perahu berdagang dan banyak orang hilir mudik di sekitar keraton dan akan terlihat kaibon seperti diatas air jika dari kejauhan.
Namun yang menjadi tanda tanya adalah kamar sang ibu ratu yang sangat besar dan banyak ruang juga beradanya sumber sumber air di dalamnya?
Kemungkinan besar itu bisa jadi sebagai penyejuk ruangan Keraton jika dilihat dari cuaca banten sangat begitu panas karena berdekatan dengan lautan.
gambar

gambar
Tetapi sayangnya tidak bisa melihat secara utuh bangunan ini,karena sama dengan keraton surosohan,kaibon di bom bardir belanda pada tahun 1832 bersamaan keraton surosowan karena menolak utusan belanda bernama Du puy untuk melanjutkan pembangunan jalan anyer sampai panarukan hingga labuhan sebagai teluk pelabuhan lada pangkalan belanda,surosowan di bumi hanguskan rata dengan tanah sedangkan kaibon masih terlihat bekas reruntuhan bangunan,belum lagi akibat bencana erupsi gunung krakatau dan hanya  pagar benteng kaibon terlihat masih kokoh sebagai bukti saksi bisu kehidupan dimasa itu.
Sisa runtuhan bangunan keraton kaibon Saat ini dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk tempat spot spot photo,selain itu dijadikan tempat acara ajang kesenian khas banten juga terkadang dijadikan photo lokasi pra nikah dan sebagainya.
Pada tahun 1813 M tercatat resmi kesultanan banten dihapus oleh belanda,berarti hanya pemerintahan saja yang dihilangkan pada masa itu,karena kesultanan masih berlanjut hingga sultan syaifuddin.
Penghancuran sistem bumi hangus surosowan rata dengan tanah juga istana kaibon tercatat pada masa kesultanan syaifuddin sebagai sultan banten.

(Benteng Speelwijk)
gambar
Benteng Speelwijk adalah mengambil dari sebuah nama jendral pertama banten yaitu cornelis jansz speelman serta menunjukan bangsa belanda membangun kekuatan di banten lama di masa itu,sultan haji terpengaruh belanda dengan senang hati untuk membangun benteng Speelwijk.
Bangunan ini di rancang oleh hendrik lucazs cardeel dan didirikan pada tahun 1682 M.
gambar
Benteng Speelwijk mempunyai gardu menghadap pandang ke lepas pantai,adapun ruang bawah tanah masih terlihat utuh untuk menyimpan barang-barang dan senjata serta amunisi,begitu juga ruang penjara sementara sebelum di adili ke batavia.
Pada masa itu benteng belanda bukan hanya tentang politik saja,satu hal lain perdagangan belanda menguasai hasil lada sampai lampung wilayah sumatera selatan untuk dijual ke Para pedagang dari negri china,arab,india,malaysia serta vietnam dan lainya.

(wihara tertua banten)
gambar
Mungkin disinilah satu hal unik yang sudah menjadi biasa di lakukan oleh masyarakat banten lama,berdiri kokoh tempat wihara tertua di kerajaan banten dan di bangun oleh sunan gunung jati sebagai hadiah atas istrinya dari bangsa china yaitu putri ong tien.
Pada awalnya wihara ini berada di dermayon dekat dengan masjid agung banten,kemudian dipindahkan ke pamarican hingga masih ada saat ini.
Satu yang menjadi unik bukan soal wihara saja,tetapi masyarakat banten saling mengunjungi satu dengan yang lain dalam setiap moment hari raya.
Mungkinkah ini sudah menjadi peradaban dimasa itu..?
Jika pertanyaan itu adalah ya....
Ternyata disadari ataupun tidak sunan gunung jati sudah membangun peradaban islam modern sudah sejak masa dahulu,dan masih terasa kental ketika moment lebaran tanpa ada sekat antara suku dan ras serta warna kulit sekalipun di banten lama.
Tetapi sayangnya kerajaan runtuh terhenti belum sampai ke pelosok nusantara.
Wihara inipun tidak jauh dengan benteng Speelwijk karena posisinya bersebrangan dan akan terlihat bila dilihat dari depan benteng,hanya menyeberang sungai lewat jembatan dari depan speelwijk yang mungkin dimasa dahulu adalah jalur kapal dari laut ke hulu sungai dan begitu juga sebaliknya.
Pada tahun 1883 M wiraha ini sempat sebagai tempat berlindung oleh masyarakat sekitar karena terjadi erupsi gunung krakatau.
Altar utama wihara ini adalah dwi kwan im yang usianya lebih tua dari pembangunan avalokisvera,serta di keliling 16 dewa dan tiang batu berukirkan naga.

(tradisi berziarah banten)
Masyarakat banten sekitarnya sering berkunjung /berziarah ke makam-makam tokoh ulama dan pejuang bangsa,walaupun ada juga yang keliru menafsirkan dalam berziarah,namun yang paling utama tujuan ziarah adalah  bertawasul mendoakan mereka yang telah berkorban untuk bangsa di jalan tuhan,dalam bahasa jawa dahulu yaitu (nunduk ndodok ndepe marang gusti kang moho agung yoiku allah) menunduk berjongkok bersandar kepada tuhan yang maha besar yaitu allah swt.
Puncak keramaian di banten lama memang bervariasi,biasanya jika di bulan syawal selama seminggu setelah hari raya lebaran.
Tetapi bukan berarti hari lain tidak ramai pengunjung,seperti hari jum'at serta bulan-bulan tertentu.
Beberapa diantara makam tokoh muslim di banten selain pangeran hasanudin (Panembahan 1)serta kerabat kerajaan berada di komplek sisi masjid agung banten,masyarakat sekitar sering berziarah ke makam tokoh muslim lain diantaranya:

(Panembahan 2 maulana yusuf)
Panembahan maulana yusuf adalah raja ke 2 sesudah ayahnya meninggal yaitu pangeran hasanudin.
Masyarakat banten lebih mengenal dengan nama syekh maulana yusuf.
Beliau menduduki tahta menjadi panembahan pada tahun (1570-1580 M).
Panembahan yusuf berkuasa di banten kurang lebih hanya sepuluh tahun dan belum nampak dampak kekuasaannya karena waktu tidak lama.
Tetapi Panembahan yusuf adalah raja yang menaklukan kerajaan pajajaran secara keseluruhan,karena pada masanya antara keraton banten dan pajajaran sedang menjadi puncak peperangan satu sama lain.
Kerajaan pajajaran secara utuh di taklukan oleh Panembahan yusuf hingga sampai ke benteng pedalaman suku banten.
Komplek makam Panembahan yusuf berada dekat masuk tepi jalan kel.kasunyatan kec.kasemen kab.serang.

(Panembahan 3 maulana muhamad)
Pangeran ahmad atau maulana muhamad juga disebut dengan nama panembahan banten seda ranapati adalah raja ke 3.
Pangeran ahmad juga raja pertama yang melaksanakan ibadah haji ke baitullah,oleh karenanya dijuluki Panembahan haji 1.
Pangeran ahmad memerintah banten menggantikan ayahnya Panembahan maulana yusuf setelah wafat pada 1580 M.
Beliau termasuk Panembahan muda yang masih punya semangat juang untuk melebarkan kuasaanya masuk dalam kerajaan islam.
Tetapi pada tahun 1596 M pangeran ahmad terlibat dalam pertempuran laut melawan palembang yang menjadi kerajaan bawahan mataram,dan gugur di sungai musi ketika sudah hampir merebut di depan gerbang kerajaan palembang dan tertembak peluru dari dalam gerbang kerajaan.
Masyarakat banten mengenang dengan nama pangeran sedangrana atau Panembahan banten seda ranapati.

(sultan pertama abdul mufakhir mahmud abdul qodir)
Sultan kenari (sultan abdul mufakhir mahmud abdul qodir 1596-1651 M) atau dikenal dengan nama lain pangeran kenantun(sultan kenantun) beliau adalah sultan pertama di banten dan pada masa itu beliau adalah yang mendapat gelar langsung pengukuhan kesultanan dari mekkah di bawah kekhalifahan usmaniyah turqi,itu berarti sultan turqi saat itu adalah antara musthofa 1 tahun (1617-1618 M) atau osman 2 /sultan osman muda (1618-1622 M) jika merujuk pada masa muda sultan mufakhir ke mekkah.
Kerajaan islam banten dari 1 sampai ke 3 Pada masa itu belum ada gelar kesultanan karena masih menggunakan gelar panembahan/pangeran.
Sultan kenari adalah sultan pertama dan yang membangun masjid agung banten/merubah masjid dan menjadi masjid termegah serta terindah di pulau jawa pada masa itu.
Menurut cerita masyarakat,kampung kenari dahulu adalah sebagai tempat tinggal keluarga kesultanan banten masa itu dan masih berada di kec.kasemen kab.serang.
Sedangkan komplek masjid agung kenari adalah peninggalannya.
komplek masjid kenari serta pendopo mempunyai bangunan khas adat jawa,namun kapan tahun pembuatan bangunan masih belum diketahui secara rinci.

(Panembahan eyang patih purbanegara)
Panembahan purbanegara adalah seorang patih dari sultan kenari.
Beliau adalah patih dan nama panembahan itu terangkat karena beliau pernah menjadi raja sebagai pengganti ketika sultan kenari tidak berada /keluar dari keraton jika merujuk dari Nama yang disandang.
Nama panembahan adalah julukan raja di keraton banten sebelum Pangeran ratu (sultan kenari) di nobatkan menjadi kesultanan dari mekkah dibawah naungan kesultanan turqi usmani.
Cerita rakyat tentang eyang patih purbanegara ini belum ada yang spesifik apa peran di keraton.
Makam eyang patih panembahan purbanegara masih tidak jauh dari masjid agung kenari serta berada di tepi jalan sebelum masuk komplek makam sultan kenari.

(Pangeran aliyuddin/sabrang lor)
Pangeran aliyuddin atau nama lain dikenal dengan pangeran sabrang lor adalah putra ke 6 dari Panembahan hasanuddin banten.
Menurut penjaga /kunci makam,beliau dahulu adalah mentri keuangan kerajaan banten 1526 M.
Pada masa pangeran aliyuddin menjabat,perekonomian banten sangat meningkat hingga ada pelabuhan internasional yaitu karang hantu/karangantu.
Makam lokasi pangeran aliyuddin berada di sebelah utara (lor-jawa) masjid banten lama berdekatan dengan ke arah benteng Speelwijk.

(Pangeran arya dillah)
Arya dillah di kenal dengan panglima tertinggi kerajaan banten dalam cerita rakyat.
Banyak mitos dalam cerita warga banten mengenai arya dillah ini mulai dari mencari ayah kandungnya yaitu raja banten hingga di tantang untuk menjatuhkan seluruh daun beringin dari pohon tanpa ada satupun  daun yang rusak sampai menaklukan bangsa jin yang mengganggu kerajaan dan sekarang di kenal dengan nama karang hantu/ karangantu.
Tetapi hingga saat ini belum jelas/masih samar siapa sosok arya dillah yang mengaku anak raja banten ini.

(Tubagus buang,panglima kumbang,nyai melati)
Banyak sederetan sebagai panglima di keraton banten dan mungkin hanya saja masa mereka yang berbeda-beda.
Salah satunya adalah Tubagus buang di kasemen banten lama,dan nama serta makam tubagus buang banyak ditemukan di tatar sunda,itu cukup untuk membuktikan masa meraka yang berbeda-beda,karena pada era dahulu biasa dinamakan nunggak semi/silih berganti antar keturunan atau lainya dengan nama julukan yang sama.
Makam tubagus buang berada dekat dengan benteng Speelwijk searah dengan wihara avalokitesvara.
Para tokoh yang bermakam di komplek itu antara lain yaitu datuk panglima kumbang serta nyai melati pejuang wanita /srikandi banten.

(masjid alfatehah pertama banten)
Masjid kasunyatan di kenal masyarakat banten adalah masjid tertua pertama di banten bila dilihat dari tahun pembangunan pada 1522 M dan dilanjutkan oleh Panembahan maulana yusuf pada 1552 M bahwa berarti lebih dahulu dari masjid agung pangeran hasanuddin banten lama pada tahun 1533 M dalam sumber lain 1556 M.
Masjid kasunyatan berarti mempunyai sejarah panjang dalam kerajaan surosowan hingga islam banten.
Cerita rakyat itu masuk akal jika melihat dari sisi awal masuknya Sunan gunung jati sampai anaknya pangeran hasanuddin ke banten dan kerajaan banten masih dalam kekuasaan pajajaran prabu surosowan ayah nyi kawunganten/istri sebagai mertua sunan gunung jati dan menjadi kakek pangeran hasanuddin serta masih penganut agama wiwitan sunda di masa itu.
Masjid ini dikenal sebagai tempat pertemuan para tokoh agama untuk syiar di kawasan banten.
Seperti masjid lama lain didalam sisi masjid terdapat makam syekh abdul syukur tokoh ulama berpengaruh dimasa panembahan maulana yusuf berkuasa serta makam abdul syukur putra.
Adapun nama al-fatihah karena Masjid ini dahulu dikenal sebagai Masjid pembuka di banten.
Masjid ini memang kurang di ketahui secara luas karena berada di dalam perkampungan kasunyatan,namun tidak jauh dari makam Panembahan yusuf kasunyatan kasemen arah gang bersebelahan dari jln raya banten.

Artikel ini belum bisa dijadikan referensi sejarah secara otentik karena berdasarkan cerita rakyat,kisah para tokoh dan sebagian kunci/penjaga makam walaupun mendekati kebenaran. Jika para pembaca /pengunjung mengetahui sejarah secara akurat,silahkan menulis di kolom komentar agar lebih baik untuk dijadikan referensi sejarah.

2 komentar: