S͒E͒L͒A͒M͒A͒T͒ B͒E͒R͒K͒U͒N͒J͒U͒N͒G͒ ϐנєиαя ϐℓοg нοмє: Menggunakan jaringan vpn serta fungsi pada smartphone

Halaman

Minggu, 08 Maret 2020

Menggunakan jaringan vpn serta fungsi pada smartphone

Gadget jenar

Bidar alam

. menggunakan jaringan VPN serta fungsi pada smartphones

Cara menggunakan jaringan vpn dan fungsi pada smartphone
Ilustrasi gambar VPN (virtual private network)

VPN (virtual private network) pada sebelumnya hanyalah dipakai oleh kantor-kantor atau perusahaan sebagai penghubung antar perangkat untuk keamanan seluruh data secara private.
Tetapi dengan majunya berbagai alat komunikasi hingga saat ini sudah mulai merambah ke smartphone berbasis android.
Mungkin bagi sebagian orang yang biasa kerja antar perusahaan dan kantor sudah tidak asing dengan jaringan vpn,karena meraka bertanggung jawab atas data yang mereka kerjakan,namun secara umum bagi individual orang bisa jadi masih asing/mungkin belum tahu,apalagi untuk smartphone android.
Satu pertanyaan ini muncul ketika ada terdengar berita infomasi bahwa seseorang mau akses medsos atau m banking agar diminta untuk non-aktifkan vpn pada smartphone mereka supaya bisa masuk ke jaringan internet...?
Keliru dalam suatu info terkadang memang bisa terjadi dari mana dan kapan saja.
Sesuai dengan namanya VPN (virtual private network) justru yang terjadi sebaliknya,kalau melihat dari sumber rekomendasi pihak m banking menganjurkan akan lebih bagus akses meraka menggunakan jaringan vpn demi keamanan data m banking secara private tanpa ada orang lain yang melihat ketika melalui jaringan internet,akan tetapi yang menjadi masalah adalah vpn mana yang dipakai ketika akses jaringan internet agar aman semua data yang dianggap penting..?
Mungkin kalau hanya browsing atau akses medsos itu tidak menjadi masalah karena sudah bersifat publik secara umum.
Inilah pentingnya memilih jaringan vpn yang telah terpercaya,namun saat ini tidak perlu lagi kuwatir jika ingin menggunakan jaringan vpn,karena sudah banyak penyedia layanan vpn gratis hingga berbayar,tetapi yang berbayar tentunya akan lebih terjamin keamanannya,bukan berarti yang gratis itu tidak aman,jika kita bandingkan akses biasa dengan ISP bentuk protokol pada dasarnya bisa dilihat semua orang dan akses jaringan vpn hanya individu saja yang tahu dan dijaga secara private walaupun gratis...h h h.
Untuk sedikit mengetahui dasar vpn ada baiknya admin mencoba menulis sebagai catatan web ini.

Bacaan lain :

.Cara embed post facebook ke website/Blog.
.Mendaftarkan web/blog ke yandex webmaster tool
.Menapak sejarah kesultanan cirebon di pegunungan jati
.mengenal dan menggunakan bing webmaster tool untuk blog
.perbedaan fitri dan fitrah di hari raya islam
.cara setting logo nama web/blog posisi ditengah header


VPN secara sederhana adalah membuat jaringan lain didalam jaringan dan sering disebut dengan tunneling.
Jika boleh diumpamakan sebuah jalan raya itu adalah umum,kalau vpn itu adalah terowongan jalan khusus,tapi bukan jalan tikus ya h h h....?
Tujuannya adalah membuat koneksi secara private melalui struktur jaringan lain dalam jaringan dan bisa membuka atau menutup jaringan yang blokir/tidak bisa di akses karena kebijakan suatu negara.
Jika akses internet secara umum biasa terhubung melalui ISP (internet service provider) dan semua akses bisa dilihat pihak penyedia ISP secara umum.
Ini memang sangat berbeda jika akses dengan vpn,karena data yang diakses akan ter-enkripsi dan hanya server vpn saja yang mengetahui trafik di lorong itu.
Sedikit ilustrasi ketika akses situs yang dibuka biasa secara umum dengan ISP vs VPN:
Jaringan umum ISP :
www.akses terlihat semua.com
        Jaringan melalui VPN :
014.457.986.01 dienkripsi

Disini sangat terlihat berbeda antara terlihat akses suatu situs dengan yang tak nampak karena enkripsi.
Sekarang mari mencoba setting smartphone melalui jaringan vpn.
Saat ini sudah banyak sekali penyedia layanan ini hingga berbentuk aplikasi di play store dan sangat mudah menggunakannya,tetapi perlu di ingat jangan yang abal- abal h h h.
Hal ini akan menjadi penting karena masih  banyak penyedia vpn besar dan terpercaya,namun bukan berarti yang kecil kurang diminati,misalnya vpnbook.com walaupun terbilang kecil tapi banyak sekali para pengguna jaringan vpn ini,dan cara setting di smartphone juga sangat mudah,hanya saja karena ini masuk ke Jaringan langsung maka harus sering merubah password sendiri setiap vpn itu ganti password dalam beberapa periode secara berkala.
Pertama masuk ke situs vpnbook.com dan akan muncul tampilan website :
gambar
Kemudian klik free vpn yang yang tertera pada situs vpnbook.
Setelah terlihat tampilan situs vpn,anda bisa ambil nama nama server vpn dan password di berbagai belahan benua yang tercantum dan simpan dahulu di notepad hp:
gambar

Satu misal ini mengambil vpn PL226.vpnbook.com dan buka menu hp lalu pilih setting, cari koneksi dan jaringan,Kemudian klik setting vpn dan klik add vpn,tetapi mungkin beda hp beda pula menu tempatnya namun pada intinya sama.
Untuk lebih mudah bisa lihat screen :
(contoh add vpn jenis PPTP)
gambar
(contoh koneksi vpn & password)
gambar
(contoh putuskan jaringan vpn)
gambar
(contoh hp sudah terkoneksi vpn)
gambar

Jika hp anda sudah terlihat tanda kunci dekat sinyal berarti vpn sudah aktif dan bisa mulai akses sesuai keinginan,tetapi bila gagal mungkin bisa jadi sedang penuh dan bisa ganti  buat vpn yang lain seperti: amerika,canada,francis.jerman dan lainnya,karena bukan hanya kita saja yang akses,dan pilih salah satu negara penyedia vpn secara gratis serta bisa memetakan dari negara mana kita akses.
Setelah semua dicoba namun masih belum bisa,mungkin masih ada yang keliru menempatkan setting vpn dan coba perhatikan lagi sampai benar dan berhasil terhubung.
Setelah selesai juga mudah untuk disconect,anda bisa buka kembali setting hp dan setting vpn kemudian klik dan putuskan jaringan.

Jika pengunjung/pembaca lebih mengetahui tentang vpn silahkan masukan komentar agar melengkapi konten ini untuk info pengunjung lain.thx to all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar