S͒E͒L͒A͒M͒A͒T͒ B͒E͒R͒K͒U͒N͒J͒U͒N͒G͒ ϐנєиαя ϐℓοg нοмє: Musibah dunia sabar dalam pandangan islam

Sabtu, 28 Maret 2020

Musibah dunia sabar dalam pandangan islam


gambar ilustrasi sabar dalam agama islam

SABAR perkataan itu sering kita dengar dari para orang tua,sanak saudara,teman,maupun dari mana saja di sekitar kehidupan kita .
Kata sabar secara umum sering dikenali dengan menunggu sesuatu disaat ada pengharapan pada diri seseorang,seperti ketika orang ada janji bertemu namun blm terlihat kedatanganya,diharap untuk sabar menunggu,atau lain hal ketika orang pergi mau membeli sesuatu dan sampai ditempat terjadi antrian juga disuruh bersabar,orang sedang mencari/memancing ikan kata orang juga harus dengan sabar dan lain sebagainya.
Kesabaran memang sering dimaknai dengan menunggu,jika merujuk pada bentuk pengucapan yang sering terdengar secara lisan.
Dunia memang sangat luas bagi umat manusia,begitu juga luas untuk memahami isi kehidupan didalamnya.
Manusia diharap untuk bersabar dalam menjalankan kehidupan dunia.
Seperti kata para salafussaleh dalam agama islam,orang yang bersabar itu sebenarnya terbagi tiga kategori yaitu:
1] sabar ala tho'at: adalah orang yang ta'at menjalankan perintah tuhan dan menjauhi larangannya.
2] sabar ala maksiat: adalah orang yang berlari menuju untuk meninggalkan segala jenis bentuk kemaksiatan.
3] sabar ala musibah: adalah orang yang menerima segala bentuk musibah dunia.

Baca juga :Ucapan kata berkah-berkah dalam setiap ucapan kata

Baca juga:3 hal penting ketika jelang bulan suci ramadhan
Satu dari kategori sabar yang paling menjadi perhatian adalah ala musibah.
Seperti kita semua tahu berbagai macam musibah banyak terjadi di bumi mulai dari gempa,banjir,angin besar,gelombang laut,gunung eropsi,hingga berbagai jenis wabah.
Penyakit tidak bisa luput dari semua manusia,sebagus apapun dalam menjaga kesehatan,tetapi bukan berarti mengabaikan untuk menjaga kesehatan.
Jangankan manusia yang lemah,alam di bumi seperti tanah gunung,laut,udara juga akan sakit atau rusak jika tidak ada yang menjaga kesehatan melestarikannya.

Manusia sabar adalah yang memiliki diantara tiga kategori dalam pandangan islam,selain daripada 3 jenis tersebut menurut falafussaleh bukan termasuk orang bersabar.
Orang sabar adalah yang menerima ikhlas segala musibah atau cobaan yang menimpa dan menjaga ketentuan tuhan,karena masih bersifat rahasia yang maha kuasa.
Seperti kata para salafussaleh,siapapun orang yang menjaga rahasia ketentuan tuhan niscaya akan di jaga pula rahasia atas dirinya.semoga amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar