S͒E͒L͒A͒M͒A͒T͒ B͒E͒R͒K͒U͒N͒J͒U͒N͒G͒ ϐנєиαя ϐℓοg нοмє: Panduan mengatasi penyebab email masuk spam/blacklist

Rabu, 01 Juli 2020

Panduan mengatasi penyebab email masuk spam/blacklist

gambar
Gambar panduan penyebab email masuk spam/blacklist

Kenapa email bisa masuk spam/blacklist?
Konten ini saya tulis untuk rekomendasi share bagi pembaca dan sebagai catatan admin blog sendiri.
Saat ini hampir semua orang sudah aktif sebagai pengguna smartphone dan akses aktifitas kirim atau masuk email setiap hari sudah menjadi satu kebutuhan antar pengguna yang lain.
Pernahkah anda mengalami ketika kirim email kepada teman,sahabat atau pelanggan setia anda lama tidak dibalas atau tidak dibuka..? Jika jawabannya ya, bisa jadi kemungkinan penyebab salah satunya adalah email yang anda kirim masuk spam dan bukan ke inbok/primary atau bisa jadi blacklist,karena secara umum orang tidak mau atau malas buka folder spam.
Maka bisa kemungkinan tidak akan dibuka/dibaca oleh teman atau pelanggan setia anda.
Bagaimana jika email yang dikirim itu sangat penting dan mendadak untuk segera dibaca?
Hal semacam ini bisa terjadi kepada siapa saja yang aktif akses di jaringan internet.
Kotak masuk email akan menjadi penting ketika punya masalah ke folder spam,dan lebih parah lagi jika terjadi bouncing yang artinya email yang dikirim berbalik kembali ke pengirim atau tidak delivery.

5 jenis penyebab spam

Penyebab (1) adalah kenapa email masuk spam umumnya bisa darimana dapat email tujuan,adapun cara yang paling aman adalah jika mendapat email berasal dari list building melalui opt-in form karena secara dasar subsribers memberi email dengan jelas dan benar.
Jikalau mendapatkan email dengan cara scrapping,yaitu membeli dari pihak ke tiga akan bisa masuk ke spam walaupun belum tentu semuanya benar.
Cara natural yang bagus adalah tidak melakukan aktivitas scrapping untuk membeli list email dan melakukan sesuai aktifitas nyata perorangan dengan baik dan benar.

Baca juga:Panduan cara membuat baterai smartphone awet tahan lama

Baca juga: Cara setting non-aktifkan notofikasi iklan di browser smartphones

Penyebab (2) adalah  alamat IP addres masuk dalam blacklist atau bisa dibilang domain IP addres untuk mengirim mempunyai reputasi buruk dan telah masuk blacklist spam,sehingga sebarapa banyak email yang di kirim akan masuk ke spam.
Penyebab (3) adalah masuk ke sebuah email filter,yaitu email yang dikirim tidak masuk inbok ataupun primary,tetapi ke spam forum,promotion atau mungkin juga update.
Cara mudah untuk atasi hal ini adalah meminta penerima untuk memasukkan email kedalam tap inbok/primary
Penyebab (4) adalah terjerat konten filter,maksudnya yaitu berisi atau subjek yang dikirim mengandung perkataan jargon spam,antara lain jargon spam:Free/gratis,diskon,voucher hingga (%) persen dan seterusnya.
Hal lainya mengandung kekerasan,perkataan jorok juga promosi bisa  menjadi penyebab indikator email masuk spam.
Menggunakan jargon terkadang memang perlu,akan tetapi yang penting hanya sekali berkala dan tidak secara intensif.
Jikalau tidak ingin masuk spam ada baiknya supaya menghindari beberapa diantara hal telah disebutkan.
Penyebab (5) adalah email satu arah,yaitu yang dimaksudkan hanya mengirim dan tidak pernah mengajak penerima untuk membalas,karena pada dasarnya sebuah email adalah alat komunikasi sistem dua arah yang dirancang untuk terhubung satu dengan yang lain.

Jika sudah terlanjur melakukan komunikasi via email dengan berbagai jenis scrapping dan sebagainya seperti hal diatas bisa segera cek domain/IP addres email spam dengan cara : DISINI

gambar
Klik tulisan cek,perhatikan dan Baca dahulu sebelum tap cek email untuk keterangan lebih lengkap supaya tidak keliru.
gambar
Masukan IP addres atau domain untuk mengetahui email anda masuk spam atau tidak ketika kirim teman atau pelanggan setia anda.
gambar
Jika semua kolom warna hijau berarti email tidak masuk spam,tetapi kalau berwarna merah dengan tanda silang berarti ada aktifitas scrapping dan sejenisnya.

Sudah blacklist untuk whitelist
Jika email sudah terlanjur masuk spam/blacklist tidak perlu khawatir karena bisa untuk meminta pemulihan dari spam/blacklist : DISINI

gambar
Masukan IP addres/domain ke box tersedia dan jangan lupa ceklis captca,kemudian setelah semua diisi dengan benar bisa langsung submit.
Proses ini akan menunggu waktu beberapa waktu hingga 7 hari.

Keterangan dari mxtoolbook
Cek blacklist akan menguji alamat IP server mail terhadap lebih dari 100 daftar email email berbasis DNS (biasa disebut blacklist realtime,DNSBL atau RBL).
Jika server email anda telah dimasukkan daftar hitam,beberapa email yang anda kirim mungkin tidak akan terkirim.
Daftar hitam email adalah cara umum untuk mengurangi spam.
Jika anda tidak tahu alamat server anda,mulailah dengan pencarian MX atau cukup kirim email di mxtoolbook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar